Curricullum
Vitae
Pengertian Curriculum vitae
Riwayat hidup ( curriculum vitae ) adalah catatan singkat tengatang gambaran diri seseorang. Selain berisi data pribadi, gambaran diri itu paling tidak harus di isi keterangan tentang pendidikan atau keahlian dan pengalaman. Dengan data itu riwayat hidup akan memberikan gambaran atau kualifikasi seseorang.
Dalam
membuat CV paling tidak berisi informasi mengenai :
1. Data
Pribadi
2.
Pendidikan
3.
Pengalaman Kerja
4. Skill
Yang Dimiliki
5. Training
Yang Pernah Diikuti
6. Prestasi
7. Kegiatan
Ekstrakurikuler/Kemasyarakatan
Cara Dan Contoh Membuat Curriculum Vitae
A. Urutan
Penulisan Curriculum Vitae (Resume, Daftar Riwayat Hidup)
1. Identitas (Data Pribadi)
Cantumkan
identitas anda dengan jelas, seperti : Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tempat dan
Tanggal Lahir, Kewarganegaraan, Agama, Status Perkawinan, Tinggi dan Berat
Badan, Alamat Lengkap, Telepon & HP, serta email (bila ada). Khusus untuk
email, sebaiknya anda memilikinya. Jika tidak memilikinya, anda dapat membuat
alamat email di Gmail, Yahoo, atau Hotmail atau yang lainnya.
2.
Pendidikan
Cantumkan
pendidikan formal dan pelatihan / kursus yang pernah anda ikuti, lengkap dengan
tahun masuk dan tahun lulus, jurusan, jenjang studi, dan nama lembaganya.
Urutannya dimulai dari pendidikan formal terlebih dulu, baru kemudian
pendidikan non formal ( pelatihan, kursus, dsb ).
3. Kemampuan
Uraikan
secara singkat kemampuan anda yang relevan dengan bidang pekerjaan yang
dilamar. Misalkan anda melamar kerja di bidang akuntansi, maka jelaskan secara
singkat bahwa anda memahami akuntansi dan administrasi, sistem perpajakan,
biasa bekerja menggunakan komputer. Tentu saja kemampuan - kemampuan yang anda
tulis atau cantumkan tersebut harus benar - benar anda miliki. Jangan
mencantumkan kemampuan yang tidak anda miliki.
4.
Pengalaman kerja
Cantumkan
deskripsi singkat tentang pekerjaan anda pada perusahaan sebelumnya, lengkap
dengan pangkat, jabatannya, jenis pekerjaan, prestasi ( bila ada ), tanggung
jawab dan wewenang pekerjaan. Serta periode kerja, yaitu bulan dan tahun mulai
menempati dan mengakhiri posisi tersebut. Urutannya dimulai dari pekerjaan (
atau jabatan atau posisi ) terakhir.
5.
Pengalaman Organisasi ( bila ada )
Cantumkan
pengalaman organisasi yang relevan ( sesuai atau berhubungan ) dengan jenis
pekerjaan yang anda lamar tersebut. Bila tidak ada yang relevan, lewati saja
nomor 5 ini.
6. Referensi
Kerja ( bila ada )
Bila
memungkinkan, cantumkan referensi, yaitu orang yang bisa dihubungi oleh pihak
penyeleksi lamaran kerja untuk menanyakan hal - hal penting seputar diri anda (
biasanya nama atasan dimana anda bekerja sebelumnya ).
Penting :
Dalam hal pencantuman nama orang yang akan dijadikan referensi, anda harus
sangat yakin bahwa orang tersebut benar - benar mengetahui tentang anda serta
akan memberikan informasi positif mengenai diri anda. Seandainya anda ragu -
ragu bahwa orang tersebut akan memberikan informasi positif tentang anda, maka
anda tidak perlu mencantumkan referensi kerja tersebut ( lewati saja yang nomor
6 ini ).
7.
Pengalaman lain yang menunjang ( bila ada )
Cantumkan
pengalaman lain yang menunjang “promosi anda”. Dan sebaiknya yang relevan
dengan jenis pekerjaan yang anda lamar tersebut. Jika anda melamar untuk posisi
pemrogram komputer, maka pengalaman anda sebagai Ketua RW atau juara
bulutangkis, tentunya tidak relevan. Jadi bila tidak ada yang relevan, lewati
saja nomor 7 ini.
B. Kertas,
Huruf, Foto, Dokumen Pendukung
1. Gunakan
kertas putih polos
CV hendaknya
polos tidak menggunakan background image (dasar bergambar). Sebaiknya jangan
menggunakan form CV yang dijual di toko - toko.
2. Diketik
dengan huruf standar surat resmi
CV jangan
ditulis tangan, namun diketik. Gunakan huruf dengan ukuran dan jenis standar
(warna hitam), contohnya font jenis Arial atau Times New Roman.
3. Foto
terbaru
Lampirkan
pas foto terbaru ukuran 3×4 atau 4×6. Sebaiknya gunakan pas foto berwarna, dan
berpakaian resmi ( misalkan jas lengkap dengan dasi ).
4. Dokumen
pendukung
Lampirkan
dokumen atau bukti - bukti tentang hal - hal yang dituliskan dalam CV ( resume
), seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat atau penghargaan, dsb ( dokumen
pendukung tersebut dalam bentuk photocopy ).
Agar dokumen
pendukung yang dilampirkan tidak terlalu banyak, sebaiknya anda menyeleksi /
menyortir dokumen mana yang paling penting dan relevan untuk dilampirkan.
Penting :
Bila transkrip nilai anda tidak bagus, maka anda tidak perlu melampirkannya.
Karena CV atau resume tersebut merupakan promosi diri anda. Namun, seandainya perusahaan
penerima kerja meminta atau mensyaratkan untuk melampirkan transkrip nilai,
barulah anda terpaksa melampirkannya. Sebaliknya jika transkrip nilainya bagus,
anda justru harus melampirkannya.
C. Kerangka
Curriculum Vitae
Nama
Alamat Rumah
Nomor
Telepon & Email
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pernyataan
karir atau profil keahlian
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PENGALAMAN
KERJA
• Pengalaman
1
• Pengalaman
2
• Pengalaman
3
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PENDIDIKAN
• Pendidikan
1
• Pendidikan
2
• Pendidikan
3
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
KURSUS &
PELATIHAN
• Pendidikan
1
• Pendidikan
2
• Pendidikan
3
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
KETERAMPILAN
• Keahlian 1
• Keahlian 2
• Keahlian 3
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PROFIL DIRI
Minat &
Hobi
• Minat/Hobi
1
• Minat/Hobi
2
• Minat/Hobi
3
D.Berikut Contoh CV yang sudah jadi
DAFTAR
RIWAYAT HIDUP
Data Pribadi
Nama : Niken Puspakencana
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta ,06 Nopember 1982
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat : Jl. Batu Tulis Raya No. 18
Gambir, Jakarta Pusat 10120
Telephon : 021 63855239 (rumah)
0812 222 3334 (HP)
Latarbelakang Pendidikan
Formal
1991 – 1994 : SMP 24, Jakarta
1994 – 1997 : SMEA 8 Jakarta
1997 – 2001 : Yayasan Pendidikan Indonesia (Yapendik), Jakarta
Non Formal
1994 – 1996 : Kursus Komputer di Bina Informatika Nusantara, Jakarta
1996 – 1997 : Kursus Bahasa Inggris di Berlitz English, Jakarta
2003 – 2003 : Kursus Pajak (Brevet A & B)
Kemampuan
- Kemampuan Akuntansi dan Administrasi (Accounting & Administration Skills) Journal printing & Calculation, Ledger, Project Data Updating, Teller, Salary Calculation, Petty Cash Payroll & Calculation, Inventory Controls)
- Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Access, MS Outlook dan Internet)
- Sistem Perpajakan
Pengalaman Kerja
Praktek Kerja Lapangan:
Praktek Kerja di : PT. Astra Internasional, Jakarta
Periode : April 1997 - June 1997
Tujuan : Persyaratan kelulusan SMEA 8 Jakarta
Posisi : Operator Administrasi
Rincian Pekerjaan:
- Mengupdate data konsumen
- Mengatur jadwal pertemuan dengan konsumen
- Menyiapkan surat-surat pernawaran untuk konsumen
- Menyiapkan tagihan
Bekerja di PT. Emasindo Sakti, Jakarta
Periode : Januari 2002 - Mei 2005
Status : Karyawan Tetap
Posisi : Staf bagian Finance
Rincian pekerjaan :
- Mengelola kas kecil
- Melakukan surat menyurat bisnis
- Mengontrol persediaan peralatan kantor
- Menerbitkan dan menerima faktur dari pemasok
- Penggajian (payroll)
Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.
Jakarta, 25 Agustus 2011
Niken Puspakencana
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar