BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pasar merupakan suatu tempat dimana
bertemunya penjual dan pembeli guna melakukan transaksi secara langsung maupun
tak langsung. akan tetapi, pasar tidak selamanya selalu diartikan sebagai pasar
dimana tempat penjual yang selalu berdampingan. Karena pengertian diatas
hanyalah pengertian luas dari pasar pada umumnya. pasar kadangkalanya diartikan
hanya ada seorang atau sekelompok orang yang bersekutu untuk menguasai pasar
tersebut. Karena dari beberapa pengertian itulah pasar dapat digolongkan dari
beberapa jenisnya. untuk itulah kami akan membahas salah satu bentuk pasar
tersebut yaitu pasar oligopoli.
B.
Tujuan
Dalam membuat sesuatu pasti kita
memiliki tujuan. adapun tujuan kami dalam membuat makalah ini yaitu disamping
menambah wawasan tentang pasar kami juga akan mengenalkan pada teman- teman
atau pembaca makalah bagaimana bentuk pasar oligopoli itu sebenarnya dan kenapa
pasar oligopoli itu ada.
C.
Rumusan
Masalah
Adapun rumusan masalah dalam makalah ini yaitu:
a.
Apa
pengertian pasar oligopoli ?
b.
Apa
karakteristik pasar oligopoli ?
c.
Bagaimana
Ciri-ciri Pasar Oligopoli dan apa barang yang dihasilkan ?
d.
Bagaimana
Maksimasi keuntungan oligopolis dalam menjalankan sistem kerjanya ?
e.
Apa
kelebihan dan kekurangan pasar oligopoli ?
f.
Apa sifat- sifat pasar oligopoli ?
g.
Apakah
ada dampak negatif dari pasar oligopoli
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Pasar Oligopoli
Teori oligopoli memiliki sejarah yang
cukup panjang. Istilah oligopoly pertama kali digunakan oleh Sir Thomas Moore
dalam karyanya pada tahun1916, yaitu “Utopia” 11. Dalam karya tersebut
dikatakan bahwa harga tidakharus berada pada tingkat kompetisi ketika
perusahaan di pasar lebih dari satu.Sedangkan Teori Oligopoli pertama kali
diformalkan oleh Augustin Cournot pada tahun 1838 melalui karyanya “Researches
sur les priciples mathematiques de la theorie des richesses”. Lima puluh tahun
kemudian, teori tersebut dibantah oleh Bertrand . Meskipun menuai banyak
kritik, namun hingga kini teori Cournot tetap dianggap sebagai benchmark bagi
teori-teori oligopoli lainnya.
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk
persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu
wilayah area. Pasar Oligopoli adalah suatu pasar dimana terdapat beberapa
produsen yang menghasilkan barang-barang yang saling bersaingan. Ini merupakan
sifat utama dari pasar oligopoli. Oligopoli, yaitu keadaan dimana hanya ada
beberapa (misal: antara 2 - 10) perusahaan yang menguasai pasar baik secara
independen (sendiri-sendiri) maupun secara diam-diam bekerjasama. Pasar
oligopoli adalah suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa
produsen atau penjual dalam satu wilayah area.
Perusahaan- perusahaan yang beroperasi pada pasar oligopoly walaupun menghasilkan produk yang homogen, masih dapat mempengaruhi harga yang berlaku dipasar dan perusahaan memperhatikan berkonsentrasi pada keputusan harga dan jumlah barang yang diproduksi atau dijual, namun juga mempertimbangkan aspek yang lain, yaitu reaksi yang akan dilakukan oleh perusahaan pesaing terhadap setiap kebijakan yang dilakukan oleh suatu perusahaan.
Contoh industri yang termasuk oligopoli adalah industri semen di Indonesia, industri mobil di Amerika Serikat, dan sebagainya.
Perusahaan- perusahaan yang beroperasi pada pasar oligopoly walaupun menghasilkan produk yang homogen, masih dapat mempengaruhi harga yang berlaku dipasar dan perusahaan memperhatikan berkonsentrasi pada keputusan harga dan jumlah barang yang diproduksi atau dijual, namun juga mempertimbangkan aspek yang lain, yaitu reaksi yang akan dilakukan oleh perusahaan pesaing terhadap setiap kebijakan yang dilakukan oleh suatu perusahaan.
Contoh industri yang termasuk oligopoli adalah industri semen di Indonesia, industri mobil di Amerika Serikat, dan sebagainya.
Di pasar ini, keputusan harga berada di
segelintir pemain, walaupun berada di banyak pemain. Sebagai price leaders,
segelintir pemain ini bisa membuat skema sebagai berikut:
·
Perusahaan
oligopoli berkonspirasi dan berkolaborasi untuk membuat harga monopoli dan
mendapatkan keuntungan dari harga monopoli ini
·
Pemain
oligopoli akan berkompetisi dalam harga, sehingga harga dan keuntungan menjadi
sama dengan pasar kompetitif
·
Harga
dan keuntungan oligopoli akan berada antara harga di pasar monopoli dan pasar
kompetitif
·
Harga
dan keuntungan oligopoli tak dapat ditentukan, indeterminate.
B.
Karakteristik
Pasar Oligopoli
1.
Terdapat
Beberapa Penjual (Few Sellers) Hanya terdapat beberapa penjual yang ada di
pasar. Hal ini menunjukkan bahwa pangsa pasar masing-masing perusahaan di pasar
cukup signifikan. Jumlah perusahaan yang lebih sedikit dibanding pasar
persaingan sempurna ataupun persaingan monopolistik disebabkan oleh
terdapatnya hambatan masuk ke dalam pasar.
cukup signifikan. Jumlah perusahaan yang lebih sedikit dibanding pasar
persaingan sempurna ataupun persaingan monopolistik disebabkan oleh
terdapatnya hambatan masuk ke dalam pasar.
2.
Saling
Ketergantungan (Interdependence)
Pada struktur pasar persaingan sempurna
maupun persaingan monopolistis, keputusan perusahaan atas harga dan kuantitas
hanya mempertimbangkan tingkat permintaan di pasar dan biaya produksi yang dikeluarkan.
Sementara di pasar oligopoli, keputusan strategis perusahaan sangat ditentukan
oleh perilaku strategis perusahaan lain yang ada di pasar. Bentuk pasar
oligopoli dikarakterisasikan berdasarkan
a.
Sejumlah
besar perusahaan-perusahaan dominan, dengan beberapa yang kecil lainnya,
b.
Suatu produk yang distandarisasikan maupun
dibedakan,
c.
Kekuatan
dari perusahaan-perusahaan dominan terhadap harga, namun ketakutan akan
pembalasan,
d.
Hambatan-hambatan secara teknologi dan ekonomi
untuk menjadi suatu perusahaan yang dominan,
e.
penggunaan persaingan non harga yang ekstensif
akibat ketakutan akan perang harga.
Suatu bentuk pasar oligopoli
dikarakterisasikan berdasarkan kehadiran beberapa perusahaan yang dominan.
Disana mungkin terdapat sejumlah besar perusahaan-perusahaan kecil, tetapi
hanya perusahaan besar yang memiliki kekuatan untuk membalas. Ini berakibat
dalam suatu pemusatan industri tinggi dimana hanya 2 sampai 10 perusahaan
dengan pangsa pasar yang besar.
Contohnya: Industri bensin merupakan
oligopoli di Amerika Serikat: dia didominasi oleh beberapa perusahaan raksasa
seperti Exxon, Mobil, Chevron dan Texaco. Akan tetapi, harap dicatat bahwa
banyak perusahaan kecil yang berada dalam pasar tersebut: pompa-pompa bensin
independen kecil yang hanya berjualan dalam satu kota atau hanya dalam suatu
wilayah terbatas.
Penyebab-penyebab yang paling dikenal
untuk pemusatan yang tinggi dalam pasar-pasar bentuk oligopoli adalah
·
skala
ekonomis yang ada dalam produksi barang-barang tertentu,
·
siklus-siklus
bisnis yang menyingkirkan pesaing-pesaing lemah
·
keuntungan
dari perusahaan-perusahaan yang bergabung, dan
·
hambatan-hambatan
lainnya seperti perkembangan teknologi dan periklanan. Laba dari
perusahaan-perusahaan dalam oligopoli ditentukan persis dalam cara yang sama dengan
bentuk-bentuk pasar lainnya: dari kuantitas optimum dimana pendapatan marjinal
sama dengan biaya marjinal, harga ditentukan dari kurva permintaan serta biaya
unit terhadap rata-rata kurva total biaya. Bagaimanapun juga, penentuan ini
mungkin dipengaruhi oleh kurva permintaan yang bengkok. Lebih lanjut lagi,
dalam suatu oligopoli yang kolusif, seluruh perusahaan bertindak seakan-akan
mereka membuat satu monopoli dan keluarannya dibagi diantara
perusahaan-perusahaan.
C.
Ciri-ciri
Pasar Oligopoli dan barang yang dihasilkan
CIRI-CIRI
OLIGOPOLI
1.
Terdapat
beberapa penjual/produksen yang menguasai pasar
2.
Barang
yang diperdagangkan homogeny
3.
Terdapat
hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk dalam
pasar
4.
Satu
diantara para oligopolies merupakan price leader
5.
Barang-
barang dihasilkan Adapun barang- barang yang dihasilkan oleh pasar
oligopoli antara lain :
a.
Barang
standar, banyak dijumpai pada industri oligopoli yang menghasilkan bahan mentah
(misal aluminium) dan bahan baku (misal semen, bahan bangunan)
b.
Barang
berbeda corak (differentiated product), pada umumnya dijumpai pada industri
yang menghasilkan barang akhir (rokok, shampo)
c.
Dampak
negatif oligopoli terhadap perekonomian:
·
Keuntungan
yang yang terlalu besar bagi produsen dalam jangka panjang
·
Timbul
inifisiensi produksi
·
Eksploitasi
terhadap konsumen dan karyawan perusahaan
·
Harga
tinggi yang relatif stabil (sulit turun) menunjang inflasi yang kronis
·
Kebijakan
pemerintah dalam mengatasi oligopoly
·
Pemerintah
mempermudah masuknya perusahaan baru untuk masuk kepasar untuk menciptakan
persaingan
·
Diberlakukannya
undang-undang anti kerja sama antar produsen.
D.
Maksimasi
Keuntungan Oligopolis Dalam Menjalankan Sistem Kerjanya
Dalam
menjalankan kerjanya pasar oligopoli memperoleh maksimasi keuntungan. Perolehan
maksimasi keuntungan tersebut diperoleh dari :
a.
Dicapai
pada tingkat output dan harga dimana dipenuhi kondisi MC = MR
b.
Karena
ada saat-saat MR bergerak vertikal maka harga bersifat tetap (rigid) dan
cenderung berada pada harga yang ditetapkan pada permulaannya
E.
Kelebihan
dan kekurangan pasar oligopoly
Adapun kelebihan
dan kekurangan dalam pasar oligopoli yaitu sebagai berikut :
KELEBIHAN PASAR
OLIGOPOLI
1.
Terdapat
sedikit pemjual karena memerlukan investasi besar
2.
Penjual
sedikit sehingga dapat mengendalikan harga
3.
Bila
terjadi persaingan harga, konsumen diuntungkan
KELEMAHAN PASAR OLIGOPOLI
1.
Terdapat
rintangan yang kuat untuk masuk kepasar oligopoli kerena investasi tinggi
2.
Akan
terjadi perang harga
3.
Produsen
bisa kerjasama ( Kartel )
Kartel adalah suatu perjanjian resmi
diantara beberapa perusahaan dalam oligopoli. Perjanjian tersebut menetapkan
harga yang akan dibebankan seluruh perusahaan dan sering menetapkan kuota atau
pangsa pasar dari berbagai perusahaan. Kartel adalah ilegal di sebagian besar
negara-negara dunia. OPEC adalah contoh utama dari kartel. Dia timbul karena
dia berada diluar pengendalian suatu negara individual
F.
Sifat-
sifat pasar oligopoly
Adapun Sifat-sifat
pasar oligopoli :
·
Harga
produk yang dijual relatif sama
·
Pembedaan
produk yang unggul merupakan kunci sukses
·
Sulit
masuk ke pasar karena butuh sumber daya yang besar
·
Perubahan
harga akan diikuti perusahaan lai
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
a.
Kesimpulan
Dari berbagai pembahasan diatas dapat
kita simpulkan bahwa pasar oligopoli itu adalah suatu pasar dimana bentuk
persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu
wilayah area yang memiliki karakteristik tersendiri
b.
Saran
dan kritik
Kami hanyalah manusia biasa yang tidak
luput dari kesalahan mungkin dalam pembahasan diatas terdapat kekurangan atau
tidak sesuai dengan temanya maka dari itu kami selaku tim penyusun makalah ini
sangat mengharapkan kritik dan saran dari teman- teman ataupun pembaca makalah
ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar